Senin, 06 Januari 2014

CARA KERJA JARINGAN WIRELESS

Sebelum membahas cara kerja nya, lebih baik bahas jaringan wireless terlebih dahulu. Banyak pendapat mengenai jaringan wireless. Menurut Wikipedia Indonesia, jaringan wireless atau jaringan nirkabel adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel. Jaringan ini sering digunakan untuk jaringan komputer pada jarak dekat maupun jauh. Menurut Fakultas TI UPY, jaringan wireless merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung anatar satu dengan lainnya, sehingga terbentuk sebuah jaringan komputer dengan menggunakan media udara/ gelombang sebagai jalur lintas datanya. Menurut Ilmu Komputer, wireless merupakan teknologi jaringan komputer yang mempermudah pengguna untuk menghubungkan antar pengguna lain melalui media udara.

Jadi dilihat dari beberapa pendapat, saya dapat menyimpulkan bahwa Jaringan Wireless adalah jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer dengan menggunakan media udara atau gelombang.

Apa sih perbedaan Wireless dengan LAN ?
Pada dasarnya wireless dengan LAN ( Local Area Network) merupakan sama – sama jaringan komputer yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya, yang membedakan antara keduanya adalah media jalur lintas data yang digunakan, jika LAN masih menggunakan kabel sebagai media lintas data, sedangakan wireless menggunakan media gelombang radio / udara.

Kekurangan dan kelebihan Wireless
1.             Berbagai sumber daya file dan memindah – mindahkan tanpa menggunakan kabel
2.             Mudah untuk di setup dan handal sehingga cocok untuk pemakaian dikantor atau dirumah
3.             Produk dari produsen yang berbeda kadang – kadang tidak kompatibel
4.             Harganya lebih mahal dibandingkan teknologi ethernet kabel biasa.

  Cara Kerja Jaringan Wireless bisa sukses dalam mengirim dan menerima data, dari dan ke sesamanya, maka ada tiga komponen dibutuhkan, yaitu :
1.             Sinyal Radio (Radio Signal)
2.             Format Data (Data Format)
3.             Struktur Jaringan atau Network (Network Structure)

Masing – masing dari ketiga komponen ini berdiri sendiri-sendiri dalam cara kerja dan fungsinya. Kita mengenal adanya 7 Model Lapisan OSI (Open System Connection), yaitu :
1.      Application Layer
2.      Presentation Layer
3.      Session Layer
4.      Transport Layer
5.      Network Layer
6.      Data Link Layer
7.      Physical Layer

Masing – masing dari ketiga komponen yang telah disebutkan diatas berada dalam lapisan yang berbeda-beda. Mereka bekerja dan mengontrol lapisan yang berbeda. Cara kerja wireless LAN dapat diumpamakan seperti cara kerja modem dalam mengirim dan menerima data, ke dan dari internet. Saat akan mengirim data, peralatan – peralatan wireless tadi akan berfungsi sebagai alat yang mengubah data digital menjadi sinyal radio. Lalu saat menerima, peralatan tadi berfungsi sebagai alat yang mengubah sinyal radio menjadi data digital yang bisa dimengerti dan di proses oleh komputer.


 SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar