Sabtu, 17 Maret 2012

PERILAKU KONSUMEN

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena berkat rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Perilaku Konsumen. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Teori Organisasi Umum 2.

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
Pendekatan untuk mempelajari tingkah laku konsumen ada 2 :
1.     Pendekatan Marginal Utility (Cardinal)
Beberapa beranggapan bahwa kepuasan konsumen dapat diukur dengan satu satuan misalnya uang. Dalam pendekatan Marginal Utility digunakan anggapan sebagai berikut :
-         Utility bias diukur dengan uang.
-         Hukum Gossen ( The Law Of Diminishing Returns) berlaku yang menyatakan bahwa “ Semakin banyak satuan barang dikonsumsi, maka tambahan kepuasan yang diperoleh dari setiap satuan tambahan yang dikonsumsi akan menurun”.
-         Konsumen berusaha memaksimalkan kepuasan.
2.     Pendekatan Indifference Curve (Ordinal)
Beranggapan bahwa kepuasan konsumen tidak dapat diukur dengan satu satuan. Tingkat kepuasan konsumen hanya dapat dinyatakan lebih tinggi atau rendah.
Elastisitas adalah ukuran derajad kepekaan jumlah permintaan terhadap perubahan salah satu factor yang mempengaruhi.
Elastisitas dibagi menjadi :
1.     Harga ( Price Elasticity) adalah % perubahan kwantitas barang yang diminta sebagai akibat dari perubahan harga barang tersebut.
2.     Silang ( Cross Elasticity) adalah % perubahan jumlah yang diminta terhadap sesuatu barang sebagai akibat dari perubahan harga barang lain.
3.     Pendapatan ( Income Elasticity) adalah % perubahan kwantitas barang yang diminta sebagai akibat dari perubahan pendapatan riil.


Demikian makalah ini saya buat, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat saya harapkan demi sempurnanya makalah ini. Smoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar