Rabu, 05 Maret 2014

Etika dan Profesionalisme TSI

Definisi Etika
Menurut wikipedia Etika adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral.

Pendapat lain, Etika berasal dari bahasa Yunani kuno. Bentuk tunggal kata “etika” yaitu ethoss sedangkan bentuk jamaknya yaitu ta etha. Ethos mempunyai banyak arti yaitu tempat tinggal yang biasa, padang rumput, kandang , kebiasaan/adat, akhlak, watak, perasaan, sikap, cara berpikir. Sedangnkan arti ta etha yaitu adat kebiasaan.

Definisi Profesional
Menurut wikipedia Seorang profesional adalah seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya.

Pendapat lain, seseorang profesional adalah orang yang menyadari betul arah kemana ia menjurus, mengapa ia menempuh jalan itu, dan bagaimana caranya ia harus menuju sasarannya. Ia menyenangi pekerjaannya karena ia bisa mengerjakannya dengan baik. Ia mengerjakannya dengan baik oleh karena ia menyenangi pekerjaan itu. Seseorang profesional adalah seseorang yang senantiasa siap siaga dengan gagasan bila diperlukan, ditambah dengan selusin gagasan lainnya sekalipun tidak ada orang yang meminta dari padanya. Ia adalah seorang yang mau bekerja keras untuk mencapai tujuannya, dan tetap juga tidak kehilangan semangat kerja keras itu dalam tugasnya.
Kamus besar bahasa Indonesia, Profesional bersangkutan dengan profesi yang memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya.

Pembahasan

Disini saya dapat mengambil kesimpulan bahwa etika dan profesionalisme saling berkaitan. Dimana etika yaitu sifat seseorang dalam melakukan pekerja seprofesional mungkin. Sedangkan profesional itu sikap dimana seseorang melakukan pekerjaan sesuai dengan tujuan yang semesti nya. Jadi dengan etika atau sifat yang baik, seseorang dapat melakukan pekerjaan yang sesuai dengan tujuan yang semestinya dan mendapatkan hak yang sesuai.

SUMBER :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar