Etika Profesi Pramugari
Profesi
merupakan pekerjaan yang membutuhkan pelatihan khusus. Banyak sekali berbagai
macam profesi dan jenis pekerjaan. Profesi memiliki karakteristik tersendiri
yang membedakannya dari pekerjaan lain. Disini saya akan membahas mengenai
etika dari salah satu profesi yang lagi banyak diperbincangkan akhir-akhir ini
akibat pesawat terbang yang menghilang yaitu pramugari.
Definisi pramugari
yaitu staff atau karyawan perusahaan pengangkutan umum baik udara, darat, dan
laun yang bertugas melayani penumpang. Untuk memberikan service terbaik dan
berkualitas kepada pengguna jasa layanan penerbangan maka airlines harus didukung oleh awak kabin yang profesional dalam
menjalankan tugas utamanya.
Tugas pramugari
sebagai penunjang dan penyedia segala kebutuhan penumpang (Passanger) selama
penerbangan dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penumpang dengan
memberikan pelayanan secara prima selama perjalanan sehingga penumpang merasa
nyaman dan puas serasa berada di rumah sendiri.
Kode
etik pramugari yaitu :
1.
Teliti
Sebelum
penerbangan, pramugari memeriksa peralatan yang dibutuhkan. Dan memastikan
peralatan tersebut lengkap adanya disetiap kursi penumpang. Selain itu,
pramugari memeriksa persediaan makanan dan minuman sebelum lepas landas.
2.
Ramah
Ketika
menyambut para penumpang masuk ke dalam pesawat, pramugari menyambutnya dengan
sikap ramah dengan senyum manis, karena pramugari wajib menciptakan kesan pertama
yang baik.
3.
Sabar dan tegas
Seringkali
ditemukan penumpang yang masih saja belum memasang sabuk pengaman atau masih
mengaktifkan dan mengoperasikan telepon genggamnya, padahal pesawat sudah siap
untuk take off. Disinilah kesabaran dan ketegasan menjadi seorang pramugari
harus ditunjukkan dengan sabar dan tegas pramugari haruslah menegur penumpang
tersebut.
4.
Bekerja sama
Pada
saat boarding pramugari lebih baik membantu penumpang memasukkan barang di
bagasi dan membantu kebutuhan khusus seperti anak-anak atau para manula.
5.
Koordinasi yang baik
Pramugari
merupakan mata dan telinga bagi pilot, karena pilot tidak dapat mengecek
bagaimana situasi dan keadaan di area penumpang.
6.
Memperhatikan kenyamanan penumpang
Pramugari
akan melihat kenyamanan penumpang termasuk menjawab pertanyaan, membagikan
headphone dalam penerbangan dan menawarkan selimut atau bantal. Dalam keadaan
darurat, seorang pramugari akan mengarahkan penumpang dan mengelola pertolongan
pertama yang diperlukan.
7.
Memastikan keselamatan penumpang
Pramugari
wajib mendahulukan keselamatan para penumpang apabila dalam keadaan emergency. “
Orang sering menganggap peraturan di dalam pesawat itu menggangu, tapi
sebenarnya ada alasan di balik setiap aturan tersebut yaitu menjaga kesalamatan
penumpang” ujar Sara Keagle, mantan pramugari.
8.
Salam dan terima kasih
Ketika
pesawat bersiap landing, pramugari kembali memastikan semua penumpang dalam
keadaan memakai sabuk pengamannya. Dan ketika pendaratan dan penumpang
bersiap-siap turun dari kabin, pramugari kembali memberikan senyum salam
perpisahan dan ucapkan terima kasih.
Dari
pembahasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pramugari tidak hanya sekedar
melayani kebutuhan penumpang, tetapi juga mengutamakan kesalamatan penumpang
apabila hal buruk terjadi dalam pesawat.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar